Kamis, 03 Juli 2008

TIP BERBELANJA DI SUPERMARKET

Bisaanya kalau berbelanja di Supermarket ataupun di Mall tidak bisa dipungkiri bahwa barang-barang yang disediakan ingin kita miliki, ya kalau memang keuangan kita melimpah. Namun demikian, walaupun banyak uang kita di saku, di kartu kredit, di kartu ATM dan lain sebagainya, ada baik untuk membisaakan diri hidup berdisiplin agar bagaimanapun kondisi, situasi apapun keinginan anda tetap berada dalam kontrol yang baik.
Bisa kita bayangkan setelahnya sampai di Supermarket, lalu kita masukan barang-barang tersebut ke dalam trolly tanpa melihat harga barang tersebut, bisaanya di Supermarket barang-barang yang dijajakan sudah dilengkapi dengan label harga disertai dengan kode tertentu. Awas jangan sampai kebablasan ya..? ada contoh harga perkakas dapur dalam label tercantum harga Rp. 76.875. bisaanya kita hanya cukup dengan melihat angka depannya saja yaitu 76, dan berkesimpulan bahwa barang tersebut seharga Rp. 76.000, ya kalau barang yang dibeli kurang dari 15 jenis sih nggak jadi masalah, paling bayar lebihnya hanya 15.000 perak. Tapi kalau barang belanjaan itu banyak jenisnya dan apalagi kalau uang yang kita bawa pas-pasan, bisa-bisa kita dibikin malu sama tingkah kita di depan kasir, waduh mau dikemanain muka kita.
Ada baiknya dalam berbelanja di Supermarket kita memperhatikan hal-hal berikut, diantaranya:

  1. Sediakan catatan khusus untuk belanja, lengkap dengan alat tulisnya,
  2. Selama di rumah, masuklah ke salah satu ruangan dan catalah barang apa saja yang sudah habis pakai atau memang belum terlengkapi di setiap ruangan (bisanya kalau sudah masuk ke salah satu ruangan barang yang tidak ada atau sudah habis pakai bisa terlihat). Kamar tidur, dapur, ruang tengah dan seterusnya.
  3. Jadikan sebuah kegiatan rutin dan buatlah daftar harga dari masing-masing barang. Kalau memang tahu harganya cantumkan harga yang sebenarnya, namun kalau tidak tahu ambilah perkiraan besarnya saja, karena dengan demikian kita tidak akan kekurangan pembayaran pada saatnya nanti.
  4. Saat tiba waktu belanja, sebelum berangkat, cek kembali catatan-catatan, dan siapkan uang sebesar total pembelanjaan tersebut di tambah 10% dari total harga, gunanya buat jaga-jaga kalau barang-barang naik (maklum naik dan turunnya harga tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu).
  5. Kemudian, masukan dalam catatan tersebut biaya transportasi pulang-pergi (PP) untuk sekian banyak orang. kira-kira berapa kali naik kendaraan. Atau kalau memang punya kendaraan pribadi masukan biaya BBM, kira-kira habis berapa liter untuk bisa kembali sampai di rumah, jangan lupa ya…?
  6. Anggarkan untuk uang jajan, karena tentunya kita tidak hanya berbelanja. Butuh tenaga, jaga stamina dengan makan dan minum, baik itu makanan pokok atau hanya sebatas cemilan saja. (bisanya hal kecil ini suka terlupakan)
  7. Sesampainya di Supermarket, ambil trolly yang cukup, lalu buka catatan dan ambilah barang-barang yang sudah dicatat di rumah. Konsentrasilah khusus hanya kepada catatan tersebut. Bisaanya kalau sudah lirik kanan kiri lupa catatan dan akhirnya pengen itu-pengen ini. Wah berabe deh…!!
  8. Jika selesai, sebelum masuk ke kasir periksa kembali barang-barang belanjaan kalau perlu cek di mesin pengecek harga. Bisanya sudah disediakan oleh pihak Supermarket sebelum masuk ke kasir.
  9. Jika sudah sesuai dengan catatan dan harga belanjaan, baru masuk ke kasir.
  10. Tunjukan kartu belanja member kalau memang sudah menjadi anggota Supermarket tersebut.
  11. Langkah berikutnya perhatikan di monitor pada saat sang kasir memasukan data ke computer. Kasir juga manusia bisa salah, bisa saja kesalahan tersebut pada saat memasukan banyaknya barang dari satu jenis barang. Contoh, kita beli mie cuman 5 bungkus, tapi kasir menulis 6 atau 7, segera beritahu sang kasir dengan cara yang sopan dan ramah bahwa ada kesalahan pemasukan data.
  12. Jika sudah selesai, bayarlah, baik dengan uang cash, kartu kredit atau kartu ATM. Jika dengan uang cash periksa kembaliannya.
  13. Jangan lupa tanyakan kepada sang kasir “apakah Supermarket ini sedang ada promo?” bisanya perusahaan yang sedang gencar berpromosi suka memberikan bonus, baik berupa kupon-kupon atau hadiah langsung atau potongan harga.
  14. Kalau belanjaan kita banyak, barang belanjaan bisa diantar oleh kurir, minta tolonglah untuk membawakan barang sampai ke tempat parkir kendaraan.
  15. Berangkatlah bersama sang kurir, usahakan kita berada di belakang kurir untuk berjaga-jaga belanjaan kita tidak ada yang tercecer atau ketinggalan.
  16. Pindahkan barang-barang dari trolly ke mobil, yakinkan barang yang mudah pecah berada pada posisi paling atas atau jangan sampai tertindih. Tempatkan posisi barang yang mudah pecah di tempat yang seaman mungkin untuk menghindari guncangan dalam mobil selama dalam perjalanan.
  17. Kalau memang ada uang lebih, berilah tips pada sang kurir, sebenarnya kalau nggak dikasih juga nggak masalah, karena itu semua sudah menjadi bagian dari pelayanan pihak Supermarket. Cukup bilang terima kasih saja.
  18. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan, jangan lupa jaga kondisi, kalau perlu mampirlah di suatu tempat untuk makan ataupun minum.

    Semoga tips ini banyak membawa manfaat,

Tidak ada komentar: